SELAMAT DATANG DIBLOG PUJI LISMIANTO

Jumat, 13 April 2012

Komponen DBMS

KOMPONEN-KOMPONEN DBMS (Data Base Management System)



Komponen-komponennya, antara lain :
  1. File Manager, yang mengelola dalam disk dan struktur data yang dipakai untuk merepresentasikan informasi yang tersimpan dalam disk.
  2. Database Manager, yang menyediakan interface antar data dari low-level yang ada dibasis data dengan program aplikasi da query yang diberikan ke system.
  3. Query Processor, yang menterjemahkan perintah-perintah dalam query language ke perintah low-level yang dapat dimengerti oleh database manager.
  4. DML Pre-Compiler, yang mengkonversi perintah DML yang ditambahkan dalam sebuah program aplikasi kepemangin prosedur normal dalam bahasa induk.
  5. DDL Compiler, yang mengkonversi perintah-perintah DDL kedalam sekumpulan tabel yang mengandung metadata yang kemudian disimpan dalam kamus data.
Contoh-contoh DBMS :
  • Database Hierarchy : Pengaksesan data harus mengikuti aturan hierarchy yang sudah didefinisikan terlebih dahulu. Contoh : IMS-2 (Information Management System) oleh IBM 1968.
  • Data Network : Data membentuk jaringan yang lebih bebas dari model hierarchy. Contoh : IDMS (Integrated Database Management System) oleh Cullinet Software Inc 1972.
  • Data Relational : Data dikelompokkan secara bebas menurut jenisnya lewat proses normalisasi. Contoh : Oracle oleh Relational Inc 1979.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar